Deputi PKT BPPT Mengapresiasi Cimahi Techno Park

 

Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT, Dr. Ir. Gatot Dwianto, M.Eng, pada hari Selasa, 7 Februari 2017 melakukan kunjungan ke Cimahi Techno Park (CTP). Didampingi oleh Direktur Pusat Teknoprener dan Klaster Industri (PTKI), Dr. Ir. Dudi Iskandar, M.For.Sc dan Kepala Bagian Program dan Anggaran PTKI, Wenny Oktaviani, SE, MSM, Deputi PKT menilai Cimahi Techno Park merupakan contoh perwujudan techno park yang baik di Indonesia.

“Technopark Cimahi sudah mengarah ke dalam fungsi Technopark yang benar. Perlu dirapikan dan disempurnakan, ini bisa menjadi contoh Technopark yang berhasil,” ujar beliau kepada sejumlah media yang hadir dalam acara kunjungan tersebut.

 

Kunjungan tim BPPT tersebut disambut oleh Plt Walikota Cimahi, Bapak Sudiarto, beserta jajarannya antara lain Asisten Setda Kota Cimahi dan Kepala Dinas Perdagangan, KUMKM, dan Perindustrian Kota Cimahi. Agenda Deputi PKT BPPT di antaranya mengunjungi Gedung Cimahi Techno Park di Jalan Baros dan melihat fasilitas yang ditawarkan di sana antara lain convention hall, ruang tenant, dan ruang diskusi. Technopark Cimahi mulai dibangun tahun 2016 lalu dengan biaya sekitar Rp 32 miliar. Gedung tersebut memiliki luas bangunan 5.627 meter persegi dengan bangunan tiga lantai.


Selain itu kunjungan juga dilakukan ke Gedung Baros Information and Technology Center (BITC). Kunjungan Deputi PKT ke BITC sekaligus menguji coba ruang dubbing yang akan dimanfaatkan dalam mendukung perusahaan animasi di Cimahi. Ruangan ini sesuai namanya akan menjadi fasilitas para animator dalam menambahkan unsur suara dalam animasi sehingga mampu menjadi sebuah video komersial atau film yang menarik.


Sebagai bentuk pengembangan UKM Inovatif, tim BPPT juga mengunjungi klaster produk olahan susu di Kelurahan Cipageran yang selama ini didampingi BPPT dan Pemkot Cimahi. Rencana pengembangan yang sedang diinisiasi adalah flash branding yaitu menggunakan brand “Cipageran” untuk semua produk olahan susu yang dihasilkan di sana. Deputi PKT juga mengusulkan untuk menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dalam proses produksi  agar proses produksi dapat lebih tertata dan efisien.

Berita mengenai kunjungan Deputi PKT BPPT ke Cimahi Techno Park ini juga dapat dilihat di http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/02/07/technopark-cimahi-bisa-jadi-percontohan-392835.